Menikah merupakan suatu proses dimana kita telah menemukan kecocokan antara laki-laki dan perempuan, nikah merupakan tujuan akhir ketika kita sudah memiliki cukup umur dan layak untuk menikah.
Setiap manusia khususnya perempuan pasti tidak ada yang mau setelah menikah malah berakhir dengan perceraian dan menjadi janda muda, namun itu semua tidak dapat dihindari ketika dalam sebuah hubungan pernikahan sudah timbulnya rasa ketidakcocokan atau hal lainnya yang menyebabkan harus berpisah.
Jika kita melihat kebanyakan janda yang sudah berumur pasti alasan kenapa menjadi janda adalah karena ditinggal mati suaminya, namun ada salah satu kabupayen di indonesia tepatnya kotawaringin timur, kalimantan tengah yang memiliki janda terbilang masih muda-muda.
Seperti dilansir dari portalremaja.co.id (16/07/2017), berdasarkan sensus terbaru total janda di daerah tersebut adalah sebanyak 473 orang dan usianya masih tergolong cukup muda. banyaknya janda di daerah tersebut mengakibatkan daerah kotawaringin timur terkenal karena memiliki janda muda.
Di daerah tersebut para orang tua memiliki tradisi yang sedikit unik yaitu menikahkan anak mereka sejak usia dini, inilah yang menyebabkan di daerah tersebut banyak sekali janda.
Kita tahu bahwa menikahkan anak pada usia-usia yang masih muda memikiki resiko yaitu mudahnya rumah tangga mereka pecah oleh pertengkaran karena emosi mereka yang masih labil.
Melihat hal ini pemerintah setempat sebenarnya sudah memberikan himbauan kepada para orang tua agar tidak hanya mempersiapkan masalah keuangan saja, namun mental para anak-anak mereka juga harus dipersiapkan dengan matang.
Namun himbauan yang diberikan nyatanya tidak perhatikan oleh para orang tua dengan alasan yang mereka masing-masing.
Melihat peristiwa seperti ini, menurut pendapat sahabat gimana.