web hit counter Inilah 3 Misteri Terbesar Tentang Bumi yang Belum Bisa Terjawab! | SILAHKAN BAGIKAN

Inilah 3 Misteri Terbesar Tentang Bumi yang Belum Bisa Terjawab!

Planet Bumi telah berumur sangat tua, dan menyimpan banyak misteri yang sampai sekarang belum bisa dipecahkan oleh manusia.

Inilah misteri terbesar Planet Bumi yang belum bisa terjawab sampai sekarang.

1. Dari Mana Bumi Pertama Kali Mendapatkan Air
Menurut para Ilmuwan, planet Bumi hanyalah "batu kering" ketika terbentuk pertama kali pada4,5 miliar tahun yang lalu. Jadi, dari mana datangnya air di Bumi?

Ada teori bahwa sekitar 4 miliar tahun yang lalu, Bumi dihantam oleh asteroid es raksasasehingga Bumi bisa mengisi seluruh reservoir airnya selama periode tersebut, yang disebut periode Late Heavy Bombardment. Namun, asal mula air di Bumi masih **menjadi misteri*, karena kurangnya bukti fosil batuan yang tersisa dari periode tersebut.

2. Dari Mana Datangnya Oksigen
Kita berutang budi pada cyanobacteria, makhluk mikroskopis yang membantu mengubah atmosfer bumi secara radikal. Mereka memompa oksigen sebagai hasil pembuangan mereka, dan memenuhi langit dengan oksigen untuk pertama kalinya sekitar 2,4 miliar tahun yang lalu.

Tapi, catatan pada batu-batuan mengungkap tingkat oksigen melaju naik turun seperti roller coaster selama 3 miliar tahun, hingga akhirnya stabil pada sekitar Periode Kambrium, sekitar541 juta tahun yang lalu.

Jadi, apakah bakteri tersebut yang mengubah komposisi udara, atau adakah faktor lain yang berkontribusi? Memahami pergeseran dari Bumi yang miskin oksigen ke Bumi yang kaya oksigen merupakan faktor kunci dalam memecahkan sejarah kehidupan di planet kita.

3. Dari Mana Datangnya Kehidupan
Sampai sekarang tidak ada yang tahu dengan pasti awal mulanya kehidupan di Bumi. Ada yang menduga makhluk hidup pertama muncul dan berkembang sendiri di Bumi, namun ada pula yang berpendapat bahwa kehidupan muncul dari luar angkasa dan dibawa ke Bumi melalui meteor yang jatuh.

Sebab faktanya komponen pembentuk kehidupan yang paling dasar, seperti asam amino danvitamin, telah ditemukan pada butiran es di dalam asteroid dan di lingkungan yang paling ekstrem di Bumi.

Mencari tahu bagaimana bagian-bagian ini digabungkan untuk membentuk kehidupan pertama adalah salah satu rintangan terbesar dalam ilmu biologi.

Lagi pula hingga kini belum ditemukan jejak fosil langsung dari penghuni pertama Bumi, yang mungkin saja merupakan bakteri primitif yang mengonsumsi batuan.


Silahkan Like Dan Share :) Terimakasih